10 Filosofi Kesuksesan Google

Google yang didirikan pada tahun 1998 di sebuah garasi, kini telah menjelma menjadi salah satu mesin pencari paling populer di ranah internet, dengan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari. Sebuah kisah sukses ideal untuk menggambarkan ungkapan “From Zero to Hero“. kesuksesan yang berhasil diraih oleh para pendiri Google tersebut tidak didapat dengan mudah namun melalui perjuangan panjang, tahapan-tahapan berjenjang dan berkelanjutan.


Salah satu unsur penting dari sebuah kesuksesan selain perjuangan, kesempatan dan pintar melihat peluang usaha adalah memiliki prinsip-prinsip hidup yang positif dan pola pikir tepat yang dirancang sedemikian rupa, kemudian dituangkan dalam bentuk piagam filosofi perusahaan sebagai landasan standar kualitas kerja seluruh bagian perusahaan. Demikian juga halnya yang berlangsung di Google, terdapat 10 pont filosofi yang menjadi pondasi, ditulis dan dijadikan acuan dalam menyajikan sebuah layanan seperti yang bisa langsung kita rasakan manfaatnya hingga detik ini.
Apa saja 10 Filosofi Google tersebut, silakan simak berikut ini:

1. Fokus untuk pengguna.
Sejak awal, Pada pendiri Google telah berfokus pada penyediaan layanan terbaik agar pengguna selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini berlaku disetiap aspek pekerjaan, entah itu dalam merancang browser internet baru atau hal kecil seperti merubah tampilan homepage, semua perhatian semata-mata dicurahkan untuk melayani pengguna. Layanan dirancang sesederhana mungkin dan agar semua pengguna di seluruh dunia mendapatkan fitur dan kenyamanan yang sama.

2. Melakukan hal yang terbaik dengan benar-benar baik.
Layanan Google adalah melakukan pencarian. Dengan prinsip “kami tahu apa yang kita lakukan, kami akan lakukan yang terbaik, dan tahu bagaimana bisa melakukannya dengan lebih baik.”
Dengan prinsip tersebut Google terus berinovasi memberikan perbaikan layanan yang cepat dan lancar bagi jutaan orang. Dengan dedikasi tersebut telah melahirkan inovasi-inovasi layanan baru seperti fasilitas Gmail dan Google Maps.

3. Melayani lebih cepat, lebih baik.
Google menyadari bahwa waktu yang dimiliki setiap orang adalah berharga. Saat seseorang mencari sesuatu, sudah tentu orang itu ingin segera menemukan yang dicari dan melanjutkan aktifitas. Sementara semua pemilik situs menginginkan semua pengunjung berlama-lama menghabiskan waktu menelusuri sebanyak mungkin halaman, Google berprinsip sebaliknya, yaitu mengharap setiap orang yang berkunjung agar pergi secepat mungkin. Hal ini dimaksudkan bahwa sebagai mesin pencari, Google berharap setiap kunjungan pencarian bisa menemukan hasil yang tepat secepat mungkin. Setiap kemungkinan inovasi yang berkaitan dengan kecepatan pencarian ini telah dilakukan dan akan terus dilakukan, semata-mata demi kepuasan pengguna.

4. Demokrasi layanan pada karya-karya web.
Pencarian Google bekerja bergantung pada jutaan orang yang mengirim link pada situs web mereka, kemudian akan dibandingkan dengan situs lain untuk menentukan konten yang lebih bernilai.
Dengan lebih dari 200 sinyal dan berbagai teknik, termasuk algoritma PageRank ™, Google akan menganalisis situs mana yang lebih “berperan” sebagai sumber informasi yang juga digunakan oleh laman lainnya di seluruh web. Dengan sistem tersebut semua situs web diperlakukan sama dan berhak mendapatkan nilai peringkat yang lebih baik dari laman lainnya berdasarkan kualitas kontennya.

5. Anda tidak harus selalu duduk dibelakang meja untuk mendapatkan jawaban.
Dunia bergerak semakin mobile. Orang ingin mengakses informasi dimanapun mereka berada, kapan pun mereka membutuhkannya. Inovasi layanan berteknologi baru telah dirintis oleh Google dan menawarkan solusi untuk layanan mobile yang membantu orang di seluruh dunia untuk melakukan sejumlah tugas melalui ponsel mereka, dari memeriksa email dan kalender acara hingga menonton video. Selain itu, sumbangan terbsesar Google untuk layanan mobile adalah Android. Android adalah keterbukaan yang membawa Internet ke dunia mobile secara lebih menyenangkan. Tidak hanya menguntungkan konsumen Android, yang memiliki lebih banyak pilihan dan pengalaman seluler baru yang inovatif, tetapi membuka peluang pendapatan bagi operator, produsen dan pengembang.

6. Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan kejahatan.
Google adalah bisnis. Google menghasilkan pendapatan yang berasal dari menawarkan teknologi pencarian kepada perusahaan dan dari penjualan iklan yang ditampilkan di situs Google sendiri dan di situs lain di seluruh jaringan internet. Ratusan ribu pengiklan di seluruh dunia menggunakan AdWords untuk mempromosikan produk mereka; ratusan ribu pemilik situs web memanfaatkan program AdSense untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten situsnya.

7. Selalu ada informasi lain dan masalah untuk diselesaikan.
Selalu ada permasalahan baru yang ditemukan dan membutuhkan upaya dengan lebih banyak kreatifitas. Dalam hal ini Google berprinsip; terus mencari cara untuk membawa semua informasi dunia kepada orang-orang yang mencari jawaban.

8. Kebutuhan akan informasi melintasi semua batas.
Misi Google adalah memfasilitasi akses informasi bagi seluruh dunia dengan berbagai bahasa. Google juga memiliki fitur kemampuan untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan pencarian yang dilakukan dalam bahasa tertentu. Dengan Fitur Google Translate seseorang dapat menemukan konten yang ditulis dalam bahasa lain yang tidak diketahui sebelumnya.

9. Anda bisa serius tanpa mengenakan seragam.
Google dibangun dengan gagasan bahwa sebuah pekerjaan haruslah menantang, dan tantangan itu harusnya menyenangkan. Sesuatu yang besar, hal-hal kreatif lebih mungkin tercipta dengan perusahaan yang memiliki kultur budaya yang tepat. Ada penekanan pada prestasi tim dan kebanggaan dalam prestasi individu yang berkontribusi bagi keberhasilan secara keseluruhan. Atmosfer yang santai namun tetap melahirkan ide-ide baru yang kreatif telah terbukti lahir dari suasana yang menyenangkan ini dan diterima di seluruh dunia.

10. Memuaskan tapi jangan cepat puas.
Hasil yang memuaskan harus dilihat sebagai titik awal, bukan sebuah titik akhir. Google memiliki filosofi yang baik yaitu dengan menempatkan diri bahwa tujuan belumlah tercapai. Melalui inovasi dan iterasi, Google melakukan evaluasi untuk mengambil hal-hal yang bekerja dengan baik dan memperbaiki hal-hal yang belum berjalan dengan baik. (bn/www.wartawirausaha.com)

0 Response to "10 Filosofi Kesuksesan Google"

Post a Comment