15 Kunci Marketing Plan Powerfull

Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda memerlukan rencana pemasaran. Rencana pemasaran yang baik, paling tidak harus mampumenjawab beberapa pertanyaan berikut :
1) Siapa target pelanggan Anda
2) Bagaimana Anda akan mencapai mereka
3) Bagaimana Anda akan mempertahankan pelanggan Anda sehingga mereka berulang kali membeli dari Anda.

Jika dibuat dan dilaksanakan dengan benar, rencana pemasaran Anda dapat menjadi peta jalan  menuju keberhasilan organisasi. Untuk membantu Anda sukses mari kita bahas 15 kunci yang harus dimasukkan dalam rencana pemasaran Anda.



Bagian 1: Ringkasan Eksekutif

Buatlah Ringkasan Eksekutif atau Executive Summary yang menarik. Dan, seperti namanya, bagian ini hanya merangkum setiap bagian lain dari rencana pemasaran Anda.

Ringkasan Eksekutif Anda akan membantu dalam memberikan gambaran garis besar rencana Anda kepada diri sendiri, karyawan, rekanan, dan bahkan calon investor. Untuk tatacara menulis Executive Summary yang baik, silakan baca artikel berikut Cara Menulis Executive Summary.

Bagian 2: Target Pelanggan

Bagian ini menjelaskan pelanggan yang Anda targetkan. Ini mendefinisikan profil mereka secara demografis (misalnya, umur, jenis kelamin), profil psikografis (misalnya, kepentingan mereka) dan keinginan yang tepat dan kebutuhan yang berkaitan dengan produk dan / atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengidentifikasi target pelanggan Anda secara lebih jelas akan membantu Anda menentukan iklan dan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi atas dana yang dikeluarkan. Serta mampu melakukan komunikasi lebih baik kepada calon pelanggan.

Bagian 3: Unique Selling Proposition (USP)

Memiliki proposisi penjualan yang unik dan kuat (USP) adalah sangat penting karena membedakan perusahaan Anda dari pesaing.

Ciri dari beberapa perusahaan besar adalah USP mereka. Misalnya, FedEx USP "Ketika benar-benar ingin sampai dalam semalam". Ciri tersebut sangat terkenal dan bergema kuat dalam benak pelanggan.

Bagian 4: Harga & Positioning Strategi

Harga dan positioning strategi Anda harus selaras. Sebagai contoh, jika Anda ingin perusahaan Anda dikenal sebagai merek terkemuka dalam industri Anda, memiliki harga yang terlalu rendah mungkin menghalangi pelanggan dari pembelian.

Anda harus menjabarkan dalam bagian ini mengenai detil posisi yang Anda inginkan dan bagaimana harga produk/jasa yang anda tawarkan dapat berjalan selaras dengan itu akan mendukungnya.

Bagian 5: Rencana Distribusi

Rencana distribusi adalah rincian bagaimana pelanggan akan membeli produk/jasa Anda. Sebagai contoh, rencana distribusi bagi pelanggan yang membeli langsung dari Anda di website Anda. Dan mereka yang membeli dari distributor atau pengecer lainnya. Serta model distriibusi yang lain.

Pikirkan cara-cara yang berbeda di mana Anda mungkin dapat menjangkau pelanggan dan mendokumentasikannya dalam bentuk rencana pemasaran Anda.

Bagian 6: Penawaran Anda

Penawaran adalah penawaran produk/jasa secara khusus yang Anda disatukan atau dibundling dengan produk/jasa utama untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk kembali melakukan pembelian.

Penawaran mungkin termasuk uji coba gratis, jaminan uang kembali, paket (misalnya, menggabungkan produk dan / atau jasa yang berbeda) dan penawaran diskon. Walaupun dalam bisnis Anda penawaran tidak harus ada, namun dengan adanya penawaran, biasanya dapat menyebabkan basis pelanggan Anda untuk tumbuh lebih cepat.

Bagian 7: Bahan Pemasaran

Materi pemasaran Anda adalah segala hal yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda ke pelanggan tetap dan calon pelanggan. Materi pemasaran dapat berbentuk antara lain, website Anda, brosur cetak, kartu nama, dan katalog.

Segera identifikasi materi pemasaran mana yang telah siap dipakai dan yang masih perlu dibuat atau disain ulang..

Bagian 8:  Strategi Promosi

Promosi adalah salah satu bagian yang paling penting dari rencana pemasaran Anda. Ada banyak taktik promosi, seperti iklan televisi, pameran dagang pemasaran, press release, iklan online, dan event pemasaran.

Dalam bagian ini, pertimbangkan masing-masing alternatif tersebut dan putuskan mana yang paling efektif memu digunakan untuk mencapai target pelanggan Anda.

Bagian 9: Strategi Pemasaran Online

Suka atau tidak, kebanyakan pelanggan online hari ini untuk menemukan dan / atau meninjau produk dan / atau jasa untuk membeli yang baru. Dengan demikian, memiliki strategi pemasaran online yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dan mendapatkan keuntungan kompetitif.

Empat komponen kunci untuk strategi pemasaran online Anda adalah sebagai berikut:

Strategi Kata Kunci: mengidentifikasi apa kata kunci yang Anda ingin mengoptimalkan situs Anda untuk.
Search Engine Optimization Strategi: update dokumen yang akan membuat website Anda sehingga muncul lebih menonjol untuk kata kunci utama Anda.
Dibayar Strategi Periklanan Online: menuliskan program iklan online akan Anda gunakan untuk mencapai target pelanggan.
Media Strategi Sosial: Dokumen bagaimana Anda akan menggunakan situs media sosial untuk menarik pelanggan.
Bagian 10: Strategi Konversi

Strategi konversi mengacu pada teknik yang Anda terapkan untuk mengubah calon konsumen menjadi pelanggan yang membayar.

Misalnya, meningkatkan script penjualan Anda dapat meningkatkan konversi. Demikian juga meningkatkan bukti sosial Anda (misalnya, menunjukkan testimonial dari klien masa lalu yang puas dengan perusahaan Anda) hampir selalu meningkatkan konversi dan penjualan.

Dalam bagian ini dari rencana Anda, dokumen yang strategi konversi-boosting yang akan Anda gunakan.

Bagian 11: Joint Ventures & Kemitraan

Joint venture dan kemitraan adalah perjanjian yang menempa dengan organisasi lain untuk membantu meraih pelanggan baru atau lebih baik uang pelanggan yang sudah ada. Misalnya, jika Anda menjual pengganti senar gitar, itu bisa sangat menguntungkan untuk bermitra dengan produsen gitar yang memiliki daftar ribuan pelanggan kepada siapa dijual gitar (dan yang mungkin perlu string pengganti di masa depan).

Pikirkan tentang apa yang pelanggan membeli sebelum, selama dan / atau setelah mereka membeli dari perusahaan Anda. Banyak perusahaan yang menjual produk dan / atau jasa tersebut dapat menjadi mitra yang baik. Dokumen perusahaan tersebut dalam bagian rencana pemasaran Anda dan kemudian menjangkau mencoba untuk mengamankan mereka.

Bagian 12: Strategi Rujukan

Sebuah program referal yang kuat bisa merevolusi keberhasilan Anda. Sebagai contoh, jika setiap salah satu pelanggan Anda disebut satu pelanggan baru, basis pelanggan Anda akan terus tumbuh.

Namun, jarang akan Anda mendapatkan pertumbuhan tersebut kecuali jika Anda memiliki strategi rujukan formal. Misalnya, Anda perlu menentukan kapan Anda akan meminta pelanggan untuk referensi, bagaimana jika apa pun yang Anda akan memberi mereka sebagai hadiah, dll Pikirkan strategi terbaik rujukan untuk organisasi Anda dan dokumen itu.

Bagian 13: Strategi untuk Meningkatkan Harga Transaksi

Sedangkan tujuan utama Anda saat bercakap-cakap dengan calon pelanggan sering untuk mengamankan penjualan, juga penting untuk memperhatikan harga transaksi.

Harga transaksi, atau jumlah pelanggan membayar ketika mereka membeli dari Anda, dapat menentukan keberhasilan Anda. Sebagai contoh, jika transaksi nasabah rata-rata adalah $ 100 tapi transaksi rata-rata pelanggan pesaing Anda adalah $ 150, mereka akan menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan mungkin keuntungan, per pelanggan. Akibatnya, mereka akan dapat outspend Anda untuk iklan, dan terus mendapatkan pangsa pasar dengan biaya Anda.

Dalam bagian ini dari rencana Anda, pikirkan cara untuk meningkatkan harga transaksi anda seperti dengan meningkatkan harga, menciptakan produk atau jasa bundel / paket, dan sebagainya.

Bagian 14: Strategi Retensi

Terlalu banyak organisasi menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk mengamankan pelanggan baru dibandingkan investasi dalam mendapatkan pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih sering.

Dengan menggunakan strategi retensi seperti newsletter bulanan atau program loyalitas pelanggan, Anda dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan mendapatkan pelanggan untuk membeli dari Anda lebih sering dari waktu ke waktu.

Mengidentifikasi dan cara dokumen yang lebih baik dapat mempertahankan pelanggan di sini.

Bagian 15: Proyeksi Keuangan

Bagian akhir dari rencana pemasaran Anda adalah untuk membuat proyeksi keuangan. Dalam proyeksi Anda, termasuk semua informasi yang didokumentasikan dalam rencana pemasaran Anda.

Sebagai contoh, termasuk biaya promosi yang Anda harapkan untuk dikenakan dan apa hasil yang diharapkan akan dalam hal pelanggan baru, penjualan dan keuntungan. Demikian juga termasuk hasil yang diharapkan dari strategi retensi baru Anda. Dan sebagainya.

Sementara proyeksi keuangan Anda tidak akan pernah 100% akurat, menggunakannya untuk mengidentifikasi biaya promosi dan strategi lain harus memberikan keuntungan tertinggi atas investasi. Juga, dengan menyelesaikan proyeksi keuangan Anda, Anda akan menetapkan tujuan (misalnya, tujuan Anda untuk program referral Anda) yang perusahaan Anda harus berusaha.

Melengkapi setiap 15 bagian dari rencana pemasaran Anda adalah karya nyata. Tapi, setelah rencana pemasaran Anda selesai, itu akan sia-sia, karena penjualan dan keuntungan harus melambung. Untuk menghemat waktu, saya telah mengembangkan pemasaran rencana template yang dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

sumber : http://www.forbes.com/sites/davelavinsky/2013/06/07/three-steps-to-a-solid-marketing-budget/

0 Response to "15 Kunci Marketing Plan Powerfull"

Post a Comment